Kamis, 11 Oktober 2012

perkembangan fisik dan motorik anak


Kelompok 1:
  Umi Fatmayanti
·         Suwinda Hariani
·         Tasya Astuti
 wahyu ilmi

 



Karakteristik  Perkembangan Fisik dan Motorik
A.    Perkembangan fisik
Masa  kanak-kanak tengah
1.      Pertumbuhan melambat
2.      Kekuatan dan keterampilan fisik meningkat
3.      Penyakit pernapasan adalah hal yang umum,tetapi kesehatan pada umumnya lebih baik dari masa apapun pada rentang kehidupan
4.      Egosentrisme berkurang
Pertumbuhan
·         Pertumbuhan pada masa kanak-kanak tengah sangat lambat
·         Tumbuh sekitar 5-8 cm/tahun (6-11 tahun)
·         Berat badan meningkat kira-kira 2 kali lipat selama masa itu
·         Anak perempuan mempertahankan sedikit lebih banyak lapisan lemak dari pada anak laki-laki

Perkrmbangan fisik anak-ank awal (3-6 tahun)
1.tubuh menjadi lebih kurus dan tinggi
2. tidur lebih sedikit dibandingkan sebelumnya dan kemungkinan besar mengalami masalah tidur
3. kemampuan mereka untuk berlari meloncat melempar bola mengalami peningkatan
4. perkembangan otot perut,badan, tangan, dan kaki lebih panjang, kepala asih relatif besar
5. anak-anak menjadi lebih kuat
6. memiliiki kecendrungan untuk lebih  memilih menggunakan tangan kiri atau kanan
7. tumbuh secara cepat pada usia 3-6 tahun

usia
Perkembangan fisik
3-4
Anak dapat menyalin bentuk – bentuk dan menggambar desain – desain.
Anak dapat menuangkan cairan, makan dengan perangkat makan, dan menggunakan toilet sendiri. Anak mengenakan baju dengan bantuan. 
5-6
Anak dapat turun tangga, melompat, berjingkrak, dan mengubah arah.
Dapat mengenakan pakaian tanpa dibantu.
Gigi susu mulai tanggal, digantikan oleh gigi tetap.
7-8
Keseimbangan dan kontrol tubuh meningkat.
Kecepatan dan kemampuan melempar meningkat.
9-11
Rata rata anak perempuan mulai menunjukkan perubahan pubertas,kemudian pertumbuhan masa remaja mulai terjadi secara pesat.
12-15
Rata-rata anak laki-laki memasuki masa pubertas menunjukkan pertumbuhan masa remaja yang pesat.

B.     Perkembangan motorik
usia
Perilaku yang terseleksi
6
Anak perempuan lebih unggul dalam keakuratan pergerakan anak laki-laki lebih unggul dalam tindakan-tindakan yang tidak terlalu rumit dan bertenaga
Bisa melompat
Anak-anak dapat melempar dengan peralihan berat badan dan langkah yang tepat
7
Keseimbangan satu kaki tanpa melihta mungkin dilakukan
Anak—anak dapat berjalan pada papan keseimbangan selebar 5 cm
Anak-anak dapat berjingkat dan melompat ke dalam kotak yang kecil
Anak-anak dapat melakukan kegiatan lompat dengan membuka kakikemudian tutup kembali dengan akuarat
8
Anak-anak memiliki kekuatan menggenggam sebesar 5 kg
Anak perempuan dapat melempar bola kecil sejauh 12 m
9
Anak laki-laki dapat berlari 5 meter/ detik
Anak laki-laki dapat melempar bola kecil sejauh 21 m
10
Anak –anak dapt menilai dan mencegah jalur bola kecil yang dilemparkan dari jarak tertentu
Anak perempuan dapat berlari sejauh 5 meter /detik
11
Anak laki-laki bisa melompat sejauh 1.5 m dan anak perempuan kurang dari 1.8 m

Kemampuan motorik
1.      Motorik kasar adalah kemampuan pisik yang melibatkan penggunaan otot besar  seperti berlari dan melompat yang melibatkan penggunaan otot besar
Usia 3 tahun
Usia 4 tahun
Usia 5 tahun
Tidak dapat berbelok atau berhenti secar tiba-tiba atau dengan cepat
Memiliki kontrol yang lebih efektif untuk berhenti, dengan berbelok
Dapat mulai berlari, berbelok, dan berhenti secara efektif dalam permainan
Dapat melompat dengan jarak 38 sampai 61 cm
Dapat melompat dengan jarak 61-83 cm
Dapat meloncat sambil berlari sejauh 71 sampa91 cm
Dapat menaiki tangga tana dibantu, menggunakan kaki bergantian
Dapat turunmelalui tangga yang panjang dengan menggunakn kaki secara bergantian,jika dibantu
Dapat turun melalui tangga yang panjang tanpa dibantu menngunakan kaki secara bergantian
Dapat meloncat ,dengan rangkaian lompatan yang idak teratur serta tambahan beberapa variasi
Dapat melompat sebanya 4-6 langkahmenggunakan 1 kaki
Apat dengna mudah meloncat dengan jarak 4,88 m

2.      Kemampuan motori halus adalah kemampuan-kmampuan fisik yang melibatkanotot halus serta koordinasi mata dan tangan. Contoh mengancingkan baju,menggambar
3.      Sistem aksi, seiring dengan perkembangan kemampuan motorik anak-anak pra sekolah secara terus menerusmenggabungkan kemampuan-kemampuan yang sudah mereka miliki dengan kemampuan yang baru mereka dapatkan untuk menghasilkan kapabilitas yang lebih kompleks. Kombinasi dari kemampuan –kemampauan yang berbeda ini bisa disebut sistem aksi.
Dari buku santrok
1.      Pertumbuhan manusia mengikuti pola chephalocaudal adalah pertumbuhan terjadi pertama kali dari atas dan secara bertahap bergerak kebawah.dalam pola proximodistal, pertumbuhan mulai dari pusat tubuh dan kemudian bergerak menuju tangan dan kaki. Perbedaan chephalocaudal dan proximodistal adalah kalau chephalocaudal petumbuhannya terjadi dalam kandungan sedangkan  proximodistal pertumbuhannya terjadi mulai anak dilahirkan
2.      Tinggi dan berat badan meningkat dengan cepat dimasa bayi dan kemudianmelambat selama masa kanak-kanak. Dalam masa kana-kanak awal anak perempuan hanya sedikit lebih kecil dan lebih ringan daripada anak laki-laki. Pertumbuhan pelan dan konsisten dimasa kanak-kanak tengah dan akhir
3.      Masa puber merupakan masa kematangan yang cepat mencakup perubahan tubuh dan hormon yang biasanya terjadi dimasa remaja awal. Hormon kunci yang terlihat dimasa puber adaah testosteron, estradiol,dan hormon pertumbuhan. Perubahan fisik penting dimasa puber mencakup ledakan pertumbuhan dan kematangan seksual.ledakan pertumbuhan terjadi kira-kira selama dua tahun, lebih cepat pada perempuan dibanding dengan laki-laki. Kemataan dini leih sering terjadi pada laki-laki selama masa remaja, tetapi dimasa dewasa , laki-laki yang terlambat matang meiliki identitas yang lebih berhasil. Perempuan yang matang secara dini rentang terhadap sejumlah masalah

Pola tidur berubah seiring perkembangan anak
1.      Mencapai usia 4 bulan, bayi memiliki pola tidur yyang sama dengan orang dewasa. Tidur REM (random eye movement) terjadi lebih sering dimasa bayi dari pada dimasa kanak-kanak dan dewasa.
2.      Sebagian besar anak kecil tidur disepanjang malam dan memiiki satu kali waktu tidur siang .
3.      Banyak remaja terjaga hingga malam dibandingkan saat mereka masih anak-anak dan kurang mendapat waktu tidur dibaandingkan dengan yang dibutuhkan.
Kesehatan dimasa kanak-kanak dan remaja
1.      Gangguan atau penyakit yang paling mungkin menjadi patal selama masa kanak-kanak adalah cacat bawaan, kanker, dan penyakit jantung. Kecelakaan adalah penyebab kematiaan nomor satu. Pada anak, diikuti oleh kanker. Masa kanak-kanak tengah dan akhir merupakan masa kesehatan yang prima. Masa remaja merupakan persimpangan kritis dalam kesehatan karena banyak kebiasaan kesehatan dibangun dimasa ini. Tiga penyebab utama kematian dimasa remaja adalah kecelakaan, pembunuhan, dan bunuh diri.penyebab kematian anak dinegara miskin adalah kekurangan cairan yang disebab oleh diare. Terdapat pula peningkatan yang dramatis dinegara berpendapatan rendah dalam jumlah anak ang meninggal karena hiv/aids yang ditularkan orang tua mereka.
2.      Obesitasmeningkatkan risiko anak mengalami masalah medis dan psikologis.nutrisi dan kegemukan juga merupakan kunci dimasa remaja.
3.      Sebagian besar remaja tidak melakukan olah raga yang cukup.
Motorik
Perkembangan motorik
·         Perkembangan keterampilan motorik tergantung pada perkembangan sistem saraf, properti fisik tubuh dan kemungkinann gerakan,tujuan yang ingin dicapai anak, dan dukungan lingkungan terhadap keterampilan tersebut.
·         Refleks –gerakan otomatis-mengatur prilaku bayi yang baru lahir. Refleks mencakup refleks menghisap, dan refleks pada ujung saraf.
·         Keterampilan motorik kasar meliputi  motorik yang luas. Keterampilan kunci berkembang selama masa bayi mencakup kontrol postur dan berjalan. Keteampilan motorik kasar meningkat pesat dalammasa kanak-kanak.
·         Keterampilan motorik halus merupakan tindakan motorik yang diatur secara halus. Kemampuan meraih dan menggenggam menandai pencapaian yang signifikan. Keterampilan motorik halus terus berkembang sepanjang tahun kanak-kanak.
·         Penggunaan tangan mungkin memiliki kaitan genetik.sekitar 90% anakmerupakam pengguna tangan kanan, sedangkan 10% nya kidal. Orangkidal lebih mungkin memproses bicara diotak kanannya daripada pengguna tangan kanan, dan sikidal lebih banyak memiliki masalah membaca. Orang kidal cendrung memiliki keterampilan visual –spasial yang luar biasa dan sering muncul dalam jumalah yang lebih tinngi dari yang diharapkan sebagai ahli matematika, musisi, arsitek, dan seniman.
Perbandingan Antara Buku Papalia Dan Santrock
            Dalam buku ini perkembangan fisik dan motorik sama hanya tahap penyampaiannya saja yang berbeda. Misalkan di buku santrock penjelasan tentang fisik dan motorik dijelaskan dari mulai bayi sampai masa pubertas sedangkan dalam buku papalia perkembangan fisik dan motorik dijelaskan menurut tahap perkembangannya.
Sumber buku human development perkembengan manusia dari papalia olds feldman dan perkembangan anak dari santrok

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar