Kelompok
1:
Umi Fatmayanti
Umi Fatmayanti
·
Suwinda
Hariani
·
Tasya
Astuti
wahyu ilmi
wahyu ilmi
Karakteristik Perkembangan Fisik dan Motorik
A. Perkembangan fisik
Masa
kanak-kanak tengah
1.
Pertumbuhan melambat
2.
Kekuatan dan keterampilan fisik meningkat
3.
Penyakit pernapasan adalah hal yang
umum,tetapi kesehatan pada umumnya lebih baik dari masa apapun pada rentang
kehidupan
4.
Egosentrisme berkurang
Pertumbuhan
·
Pertumbuhan pada masa kanak-kanak tengah
sangat lambat
·
Tumbuh sekitar 5-8 cm/tahun (6-11 tahun)
·
Berat badan meningkat kira-kira 2 kali
lipat selama masa itu
·
Anak perempuan mempertahankan sedikit
lebih banyak lapisan lemak dari pada anak laki-laki
Perkrmbangan
fisik anak-ank awal (3-6 tahun)
1.tubuh menjadi lebih
kurus dan tinggi
2. tidur lebih sedikit
dibandingkan sebelumnya dan kemungkinan besar mengalami masalah tidur
3. kemampuan mereka
untuk berlari meloncat melempar bola mengalami peningkatan
4. perkembangan otot
perut,badan, tangan, dan kaki lebih panjang, kepala asih relatif besar
5. anak-anak menjadi
lebih kuat
6. memiliiki
kecendrungan untuk lebih memilih
menggunakan tangan kiri atau kanan
7. tumbuh secara cepat
pada usia 3-6 tahun
usia
|
Perkembangan
fisik
|
3-4
|
Anak
dapat menyalin bentuk – bentuk dan menggambar desain – desain.
Anak
dapat menuangkan cairan, makan dengan perangkat makan, dan menggunakan toilet
sendiri. Anak mengenakan baju dengan bantuan.
|
5-6
|
Anak
dapat turun tangga, melompat, berjingkrak, dan mengubah arah.
Dapat
mengenakan pakaian tanpa dibantu.
Gigi
susu mulai tanggal, digantikan oleh gigi tetap.
|
7-8
|
Keseimbangan
dan kontrol tubuh meningkat.
Kecepatan
dan kemampuan melempar meningkat.
|
9-11
|
Rata
rata anak perempuan mulai menunjukkan perubahan pubertas,kemudian pertumbuhan
masa remaja mulai terjadi secara pesat.
|
12-15
|
Rata-rata
anak laki-laki memasuki masa pubertas menunjukkan pertumbuhan masa remaja
yang pesat.
|
B. Perkembangan motorik
usia
|
Perilaku
yang terseleksi
|
6
|
Anak
perempuan lebih unggul dalam keakuratan pergerakan anak laki-laki lebih
unggul dalam tindakan-tindakan yang tidak terlalu rumit dan bertenaga
Bisa
melompat
Anak-anak
dapat melempar dengan peralihan berat badan dan langkah yang tepat
|
7
|
Keseimbangan
satu kaki tanpa melihta mungkin dilakukan
Anak—anak
dapat berjalan pada papan keseimbangan selebar 5 cm
Anak-anak
dapat berjingkat dan melompat ke dalam kotak yang kecil
Anak-anak
dapat melakukan kegiatan lompat dengan membuka kakikemudian tutup kembali
dengan akuarat
|
8
|
Anak-anak
memiliki kekuatan menggenggam sebesar 5 kg
Anak
perempuan dapat melempar bola kecil sejauh 12 m
|
9
|
Anak
laki-laki dapat berlari 5 meter/ detik
Anak
laki-laki dapat melempar bola kecil sejauh 21 m
|
10
|
Anak
–anak dapt menilai dan mencegah jalur bola kecil yang dilemparkan dari jarak
tertentu
Anak
perempuan dapat berlari sejauh 5 meter /detik
|
11
|
Anak
laki-laki bisa melompat sejauh 1.5 m dan anak perempuan kurang dari 1.8 m
|
Kemampuan motorik
1.
Motorik kasar adalah kemampuan pisik
yang melibatkan penggunaan otot besar
seperti berlari dan melompat yang melibatkan penggunaan otot besar
Usia 3 tahun
|
Usia 4 tahun
|
Usia 5 tahun
|
Tidak dapat berbelok
atau berhenti secar tiba-tiba atau dengan cepat
|
Memiliki kontrol yang
lebih efektif untuk berhenti, dengan berbelok
|
Dapat mulai berlari,
berbelok, dan berhenti secara efektif dalam permainan
|
Dapat melompat dengan
jarak 38 sampai 61 cm
|
Dapat melompat dengan
jarak 61-83 cm
|
Dapat meloncat sambil
berlari sejauh 71 sampa91 cm
|
Dapat menaiki tangga
tana dibantu, menggunakan kaki bergantian
|
Dapat turunmelalui
tangga yang panjang dengan menggunakn kaki secara bergantian,jika dibantu
|
Dapat turun melalui
tangga yang panjang tanpa dibantu menngunakan kaki secara bergantian
|
Dapat meloncat
,dengan rangkaian lompatan yang idak teratur serta tambahan beberapa variasi
|
Dapat melompat
sebanya 4-6 langkahmenggunakan 1 kaki
|
Apat dengna mudah meloncat
dengan jarak 4,88 m
|
2.
Kemampuan motori halus adalah
kemampuan-kmampuan fisik yang melibatkanotot halus serta koordinasi mata dan
tangan. Contoh mengancingkan baju,menggambar
3.
Sistem aksi, seiring dengan perkembangan
kemampuan motorik anak-anak pra sekolah secara terus menerusmenggabungkan
kemampuan-kemampuan yang sudah mereka miliki dengan kemampuan yang baru mereka
dapatkan untuk menghasilkan kapabilitas yang lebih kompleks. Kombinasi dari
kemampuan –kemampauan yang berbeda ini bisa disebut sistem aksi.
Dari buku santrok
1. Pertumbuhan
manusia mengikuti pola chephalocaudal adalah pertumbuhan terjadi pertama kali
dari atas dan secara bertahap bergerak kebawah.dalam pola proximodistal,
pertumbuhan mulai dari pusat tubuh dan kemudian bergerak menuju tangan dan
kaki. Perbedaan chephalocaudal dan proximodistal adalah kalau chephalocaudal
petumbuhannya terjadi dalam kandungan sedangkan proximodistal pertumbuhannya terjadi mulai
anak dilahirkan
2. Tinggi
dan berat badan meningkat dengan cepat dimasa bayi dan kemudianmelambat selama
masa kanak-kanak. Dalam masa kana-kanak awal anak perempuan hanya sedikit lebih
kecil dan lebih ringan daripada anak laki-laki. Pertumbuhan pelan dan konsisten
dimasa kanak-kanak tengah dan akhir
3. Masa
puber merupakan masa kematangan yang cepat mencakup perubahan tubuh dan hormon
yang biasanya terjadi dimasa remaja awal. Hormon kunci yang terlihat dimasa
puber adaah testosteron, estradiol,dan hormon pertumbuhan. Perubahan fisik
penting dimasa puber mencakup ledakan pertumbuhan dan kematangan seksual.ledakan
pertumbuhan terjadi kira-kira selama dua tahun, lebih cepat pada perempuan
dibanding dengan laki-laki. Kemataan dini leih sering terjadi pada laki-laki
selama masa remaja, tetapi dimasa dewasa , laki-laki yang terlambat matang
meiliki identitas yang lebih berhasil. Perempuan yang matang secara dini
rentang terhadap sejumlah masalah
Pola
tidur berubah seiring perkembangan anak
1. Mencapai
usia 4 bulan, bayi memiliki pola tidur yyang sama dengan orang dewasa. Tidur
REM (random eye movement) terjadi lebih sering dimasa bayi dari pada dimasa
kanak-kanak dan dewasa.
2. Sebagian
besar anak kecil tidur disepanjang malam dan memiiki satu kali waktu tidur
siang .
3. Banyak
remaja terjaga hingga malam dibandingkan saat mereka masih anak-anak dan kurang
mendapat waktu tidur dibaandingkan dengan yang dibutuhkan.
Kesehatan
dimasa kanak-kanak dan remaja
1. Gangguan
atau penyakit yang paling mungkin menjadi patal selama masa kanak-kanak adalah
cacat bawaan, kanker, dan penyakit jantung. Kecelakaan adalah penyebab
kematiaan nomor satu. Pada anak, diikuti oleh kanker. Masa kanak-kanak tengah
dan akhir merupakan masa kesehatan yang prima. Masa remaja merupakan
persimpangan kritis dalam kesehatan karena banyak kebiasaan kesehatan dibangun
dimasa ini. Tiga penyebab utama kematian dimasa remaja adalah kecelakaan,
pembunuhan, dan bunuh diri.penyebab kematian anak dinegara miskin adalah
kekurangan cairan yang disebab oleh diare. Terdapat pula peningkatan yang
dramatis dinegara berpendapatan rendah dalam jumlah anak ang meninggal karena
hiv/aids yang ditularkan orang tua mereka.
2. Obesitasmeningkatkan
risiko anak mengalami masalah medis dan psikologis.nutrisi dan kegemukan juga
merupakan kunci dimasa remaja.
3. Sebagian
besar remaja tidak melakukan olah raga yang cukup.
Motorik
Perkembangan
motorik
·
Perkembangan keterampilan motorik
tergantung pada perkembangan sistem saraf, properti fisik tubuh dan kemungkinann
gerakan,tujuan yang ingin dicapai anak, dan dukungan lingkungan terhadap
keterampilan tersebut.
·
Refleks –gerakan otomatis-mengatur
prilaku bayi yang baru lahir. Refleks mencakup refleks menghisap, dan refleks
pada ujung saraf.
·
Keterampilan motorik kasar meliputi motorik yang luas. Keterampilan kunci
berkembang selama masa bayi mencakup kontrol postur dan berjalan. Keteampilan
motorik kasar meningkat pesat dalammasa kanak-kanak.
·
Keterampilan motorik halus merupakan
tindakan motorik yang diatur secara halus. Kemampuan meraih dan menggenggam
menandai pencapaian yang signifikan. Keterampilan motorik halus terus
berkembang sepanjang tahun kanak-kanak.
·
Penggunaan tangan mungkin memiliki
kaitan genetik.sekitar 90% anakmerupakam pengguna tangan kanan, sedangkan 10%
nya kidal. Orangkidal lebih mungkin memproses bicara diotak kanannya daripada
pengguna tangan kanan, dan sikidal lebih banyak memiliki masalah membaca. Orang
kidal cendrung memiliki keterampilan visual –spasial yang luar biasa dan sering
muncul dalam jumalah yang lebih tinngi dari yang diharapkan sebagai ahli
matematika, musisi, arsitek, dan seniman.
Perbandingan Antara Buku Papalia
Dan Santrock
Dalam
buku ini perkembangan fisik dan motorik sama hanya tahap penyampaiannya saja
yang berbeda. Misalkan di buku santrock penjelasan tentang fisik dan motorik
dijelaskan dari mulai bayi sampai masa pubertas sedangkan dalam buku papalia
perkembangan fisik dan motorik dijelaskan menurut tahap perkembangannya.
Sumber
buku human development perkembengan manusia dari papalia olds feldman dan perkembangan
anak dari santrok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar