Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah :
Mata pelajaran :
AL-QURAN HADIST
Kelas/Semester : 6/1
Alokasi waktu : 6 x 35 menit
A.
standar
kompetensi : 2. memahami hadis tentang
keutamaan memberi
B.
kompetensi dasar : 2.1. menjelaskan hadis tentang keutamaan memberi
secara sederhana
C.
indikator : 2.1.1. memahami terjemahan
hadis tentang keutamaan memberi
2.1.2. memahami isi kandungan hadis tentang
keutamaan memberi
2.1.3. mendeskripsikan hadis tentang keutamaan
memberi
D. tujuan pembelajaran
·
siswa dapat memahami
terjemahan hadis tentang keutamaan memberi
·
siswa mampumemahami
kandungan hadis tentang keutamaan memberi
·
siswa mampu
mendeskripsikan hadis tentang keutamaan memberi dengan tepat
D.
materi
pembelajaran
·
hadis keutamaan
memberi
E.
strategi
pembelajaran
·
mencari pasangan
F.
metode
pembelajaran
·
ceramah,
diskusi, mencocokkan
G.
langkah-langkah
pembelajaran
pertemuan
pertama
kegiatan
awal
v motivasi : guru menayakan siapa yang pernah
memberi, apa yang diberikan , kepada siapa saja, kenapa memberi kepada orang
lain dan apa yang kamu rasakan setelah memberi dan menerima
v apersepsi :
siswa menjawab pertanyaan guru menurut pendapat masing-masing
kegiatan
inti
v eksplorasi
guru meminta siswa untuk membaca hadis
tentang keutamaan memberi secara individu dan bergantian dengan fasih dan
lancar
v elaborasi
siswa menyebutkan keutamaan memberi
sesuai dengan hadis secara bersama-sama
v konfirmasi
guru menjelaskan keutamaan memberi yang sesuai
dengan hadis
kegiatan akhir
v guru
dan siswa menyimpulkan keutamaan memberi
v siswa menulis hadist keutamaan memberi
v guru meminta siswa untuk mengulangi dan
membaca materi yng akn datang
pertemuan kedua
kegiatan awal
v motivasi : guru menayakan kembali materi tentang
keutamaan memberi beserta hadistnya secara bergantian
v apersepsi :
siswa menjawab pertanyaan guru menurut pendapat masing-masing
kegiatan
inti
v eksplorasi
siswa mencoba untuk menyesuaikan
mufrodat dari hadist keutamaan memberi
v elaborasi
siswa secara berkelompok menerjemahkan
seluruh hadist dari keutamaan memberi menurut mufrodat hadist keutamaan memberi
v konfirmasi
guru menjelaskan mufrodat hadis keutamaan memberi
serta menerjemahkan secra keseluruhan
kegiatan akhir
v guru
dan siswa menyimpulkan mufrodat hadis keutamaan memberi
v siswa
menuliskan terjemahan hadis keutamaan memberi secara menyeluruh
pertemuan ketiga
kegiatan awal
v motivasi :
guru menayakan kembali materi tentang keutamaan memberi beserta
hadistnya serta terjemahan hadis tersebut secara bergantian
v apersepsi :
siswa menjawab pertanyaan guru menurut pendapat masing-masing
kegiatan
inti
v eksplorasi
siswa menjawab tentang kandungan hadis
keutamaan memberi secarabergantian
v elaborasi
siswa secara berkelompok mendiskusikan
kandungan hadist dari keutamaan memberi
siswa membacakan hasil diskusi
disetiapkelompok
v konfirmasi
guru mengklarifikasi dan menjelaskankan isi
kandungan hadis keutamaan amemberi
kegiatan
akhir
v guru
dan siswa menyimpulkan isi kandungan hadis keutamaan memberi
v siswa
menuliskan kesimpulan kandungan isi hadis keutamaan memberi
H.
penilaian
Nilai budaya dan
karakter bangsa
|
Indikator pencapaian
kompetensi
|
Jenis penilaian
|
|
|
Religius
Jujur
Toleransi
Disiplin
Kerja keras
Kreatif
Demokratif
Rasa ingin tahu
Gemar membaca
Peduli lingkungan
Peduli sosial
Tanggung hawab
|
memahami
terjemahan hadis tentang keutamaan memberi
memahami kandungan hadis tentang keutamaan
memberi mendeskripsikan hadis tentang
keutamaan memberi
|
Tes tulis
Tes lisan
Non tes
|
Praktek isian uraian
|
Sebutkan keutamaan
memberi
Sebutkan hadis
keutamaam memberi
Terjemahkan mufrodat
hadis keutamaan memberi
Sebutkan isi
kandungan hadis keutamaan memberi
|
Lembar
penilaian proses pengamatan menerjemahkan hadis keutamaan memberi
no
|
Nama
siswa
|
Aspek
yang diamati
|
Skor
|
nilai
|
|||
Benar
|
Urut
|
partisipasi
|
semangat
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek dan kritaria
penilaian proses
|
|
A.
BENAR
Skor 3 : arti semua
Skor 2 : sebagian
besar arti
Skor 1 : sebagian
kecil arti
B.
Urut
Skor 2 : semua urut
Skor 1 ; tidak urut
|
C.
Partisipasi
Skor 3 : ikut
mengerjakan dan memotivasi teman
Skor 2 : ikut
mengerjaka tetapi tidak memotivasi teman
Skor 1 : ikut
mengerjakan bila diminta teman
D.
Semangat
Skor 3 : jika
antusisa tinggi untuk melaksanakan tugas kelompok dan sering memotivasi teman
Skor 2 :jika antusia
tinggi untuk menjalankan tugas kelompok dan terkadang menotivasi teman
Skor 1 : jika
mengerjakan tugas kelompok bila ditegur t eman
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar