MICRO
TEACHING
(METODE CERAMAH)
DI SUSUN OLEH :
UMI
FATMAYANTI
NIM
38105037
Pgmi-2/semester
V
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGRI
SUMATERA
UTARA
MEDAN 2012
DAFTAR
ISI
DAFTAR ISI.........................................................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN........................................................................1
BAB
II PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
METODE CERAMAH.................................2
B.
KELEBIHAN
METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN.................................................................2
C.
KELEMAHAN
METODE CERAMAH DALAM
PEMBELAJARAN.................................................................3
D.
MENINGKATKAN
METODE CERAMAH DALAM
PEMBELAJARAN.................................................................4
BAB
I
PENDAHULUAN
Metode adalah cara yang fungsinya sebagai alat untuk
mencapai tujuan. Makin baik metode itu, makin efektif pula pencapaian tujuan.
Dengan demikian tujuan merupakan faktor utama dalam menetapkan baik tidaknya
penggunaan suatu metode.
Dalam hal metode mengajar, selain faktor tujuan,
murid, situasi, fasilitas dan faktor guru turut menentukan efektif tidaknya
penggunaan suatu metode. Karenanya metode mengajar itu banyak sekali dan sulit
menggolong-golongkannya. Lebih sulit lagi menetapkan metode mana yang memiliki
efektifitas paling tinggi. Sebab metode yang “kurang baik” di tangan seorang
guru dapat menjadi metode yang “baik sekali” di tangan guru yang lain dan
metode yang baik akan gagal di tangan guru yang tidak menguasai teknik
pelaksanaannya.
Namun demikian, ada sifat-sifat umum yang terdapat
pada metode yang satu tidak terdapat pada metode yang lain. Dengan mencari
ciri-ciri umum itu, menjadi mungkinlah untuk mengenali berbagai macam metode
yang lazim dan praktis untuk dilaksanakan dalam proses belajar mengajar.
Metode ceramah merupakan metode yang
selalu digunakan oleh guru dalam pembelajaran,seperti dalam pemberian
informasi, bimbingan dan penjelasan meskipun sedikit karena dengan komunikasi
langsung akan membangun interaksi guru dengan murid.
BAB II
PEMBAHASAN
A. pengertian
metode ceramah
Metode
ceramah adalah suatu cara mengajar atau penyajian materi melalui penuturan dan
penerapan lisan oleh guru kepada siswa. agar siswa efektif dalam proses belajar
mengajar yang menggunakan metode ceramah, maka siswa perlu dilatih
mengembangkan keterampilan berpikir untuk memahami suatu proses dengan cara
mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan dan mencatat penalarannya secara
sistematis.[1]
Jadi
dapat dipahami metode ceramah merupakan sebuah bentuk interaksi belajar-mengajar
yang dilakukan melalui penjelasan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap
sekelompok peserta didik. Dan guru akan menjadi pusat/titik tumpuan
keberhasilan metode ceramah.
B. Kelebihan
metode ceramah dalam pembelajn
·
Mudah
mengorganisasikan tempat duduk / kelas.
·
Dapat diikuti
oleh jumlah siswa yang besar.
·
Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya.
·
Lebih ekonomis
dalam hal waktu.
·
Memberi kesempatan pada guru untuk menggunakan
pengalaman, pengetahuan dan kearifan.
·
Dapat
menggunakan bahan pelajaran yang luas
·
Membantu siswa
untuk mendengar secara akurat, kritis, dan penuh perhatian.
·
Jika digunakan
dengan tepat maka akan dapat menstimulasikan dan meningkatkan keinginan
belajar siswa dalam bidang akademik.
·
Dapat menguatkan bacaan dan belajar siswa dari
beberapa sumber lain.[2]
. C. Kelemahan
metode ceramah dalam pembelajaran
·
Membosankan
·
Mahasiswa tidak aktif
·
Informasi hanya satu arah
·
Feed back relatif rendah
·
Menggurui dan melelahkan
·
Kurang melekat pada ingatan siswa
·
Kurang terkendali baik waktu maupun materi
·
Materi monoton
·
Tidak mengedepankan kreativitas siswa
·
Tidak meransang siswa ntuk membaca
. D. Cara
meningkatkan metode ceramah dalam peembelajaran
·
Tujuan pembicaraan (ceramah) harus dirumuskan dengan
jelas
·
Setelah menetapkan tujuan, harus diteliti apakah
metode ceramah merupakan metode yang sudah tepat digunakan untuk mencapai tujuan
tersebut.
·
Menanamkan pengertian yang jelas. Hal ini dapat
dilaksanakan dengan berbagai cara. Salah satu diantaranya adalah guru
memulai pembicaraandengan suatu ikhtisar atau ringkasan tentang pokok-pokok
yang akan diuraikan, kemudian bagian dari pokok bahasan yang merupakan inti,
dan akhirnya menyimpulkan bagian atau pokok-pokok
·
Merangsang perhatian siswa dengan menunjukkan
penggunaannya [3]
BAB III
PENUTUP
K A. ESIMPULAN
Metode
ceramah adalah metode yang selalu digunakan dan divariasikan dengan metode
lain.penyampaiannya dilakukan dengan cara lisan sehingga menggambarkan adanya
interaksi siswa
Kunci
sukses dalam menggunakan metode ini tergantung padu guru bagaimana ia
menerapkan dan mengendalikannya dalam pembelajaran, jika terlalu banyak menggunakan
metode ceramah atau metode ini tidak divariasikan maka akan menimbulkan
kebosannan siswa dalam mengikuti pelajaran
B. SARAN
Sebaiknya
guru harus pintar dalam mengolah metode pembelajaran terutama pada model-model
pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Hafni
Ladjid, Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi,
Quantum Teaching, 2005, h. 121
http://www.scribd.com/doc/78879846/METODE-PEMBELAJARAN-CERAMAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar