Senin, 18 Februari 2013

metode ceramah


MICRO TEACHING
(METODE CERAMAH)
DI SUSUN OLEH :
UMI FATMAYANTI
NIM 38105037
Pgmi-2/semester V


FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI
SUMATERA UTARA
MEDAN 2012







DAFTAR ISI
DAFTAR ISI.........................................................................................................
BAB 1             PENDAHULUAN........................................................................1
            BAB II             PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN METODE CERAMAH.................................2
B.     KELEBIHAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN.................................................................2
C.     KELEMAHAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN.................................................................3
D.    MENINGKATKAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN.................................................................4













BAB I
PENDAHULUAN
Metode adalah cara yang fungsinya sebagai alat untuk mencapai tujuan. Makin baik metode itu, makin efektif pula pencapaian tujuan. Dengan demikian tujuan merupakan faktor utama dalam menetapkan baik tidaknya penggunaan suatu metode.
Dalam hal metode mengajar, selain faktor tujuan, murid, situasi, fasilitas dan faktor guru turut menentukan efektif tidaknya penggunaan suatu metode. Karenanya metode mengajar itu banyak sekali dan sulit menggolong-golongkannya. Lebih sulit lagi menetapkan metode mana yang memiliki efektifitas paling tinggi. Sebab metode yang “kurang baik” di tangan seorang guru dapat menjadi metode yang “baik sekali” di tangan guru yang lain dan metode yang baik akan gagal di tangan guru yang tidak menguasai teknik pelaksanaannya.
Namun demikian, ada sifat-sifat umum yang terdapat pada metode yang satu tidak terdapat pada metode yang lain. Dengan mencari ciri-ciri umum itu, menjadi mungkinlah untuk mengenali berbagai macam metode yang lazim dan praktis untuk dilaksanakan dalam proses belajar mengajar.
            Metode ceramah merupakan metode yang selalu digunakan oleh guru dalam pembelajaran,seperti dalam pemberian informasi, bimbingan dan penjelasan meskipun sedikit karena dengan komunikasi langsung akan membangun interaksi guru dengan murid.










BAB II
PEMBAHASAN
   A. pengertian metode ceramah
Metode ceramah adalah suatu cara mengajar atau penyajian materi melalui penuturan dan penerapan lisan oleh guru kepada siswa. agar siswa efektif dalam proses belajar mengajar yang menggunakan metode ceramah, maka siswa perlu dilatih mengembangkan keterampilan berpikir untuk memahami suatu proses dengan cara mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan dan mencatat penalarannya secara sistematis.[1]
Jadi dapat dipahami metode ceramah merupakan sebuah bentuk interaksi belajar-mengajar yang dilakukan melalui penjelasan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap sekelompok peserta didik. Dan guru akan menjadi pusat/titik tumpuan keberhasilan metode ceramah.

   B. Kelebihan metode ceramah dalam pembelajn
·         Guru mudah menguasai kelas.
·         Mudah mengorganisasikan tempat duduk / kelas.
·         Dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar.
·         Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya.
·         Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik.
·         Lebih ekonomis dalam hal waktu.
·         Memberi kesempatan pada guru untuk menggunakan pengalaman, pengetahuan dan kearifan.
·         Dapat menggunakan bahan pelajaran yang luas
·         Membantu siswa untuk mendengar secara akurat, kritis, dan penuh perhatian.
·         Jika digunakan dengan tepat maka akan dapat menstimulasikan dan meningkatkan keinginan  belajar siswa dalam bidang akademik.
·         Dapat menguatkan bacaan dan belajar siswa dari beberapa sumber lain.[2]
.     C. Kelemahan metode ceramah dalam pembelajaran
·         Membosankan
·         Mahasiswa tidak aktif
·         Informasi hanya satu arah
·         Feed back relatif rendah
·         Menggurui dan melelahkan
·         Kurang melekat pada ingatan siswa
·         Kurang terkendali baik waktu maupun materi
·         Materi monoton
·         Tidak mengedepankan kreativitas siswa
·         Tidak meransang siswa ntuk membaca
.  D.  Cara meningkatkan metode ceramah dalam peembelajaran
·         Tujuan pembicaraan (ceramah) harus dirumuskan dengan jelas
·         Setelah menetapkan tujuan, harus diteliti apakah metode ceramah merupakan metode yang sudah tepat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
·          Menanamkan pengertian yang jelas. Hal ini dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Salah satu diantaranya adalah guru memulai pembicaraandengan suatu ikhtisar atau ringkasan tentang pokok-pokok yang akan diuraikan, kemudian bagian dari pokok bahasan yang merupakan inti, dan akhirnya menyimpulkan bagian atau pokok-pokok
·         Merangsang perhatian siswa dengan menunjukkan penggunaannya [3]







BAB III
PENUTUP
K    A. ESIMPULAN
Metode ceramah adalah metode yang selalu digunakan dan divariasikan dengan metode lain.penyampaiannya dilakukan dengan cara lisan sehingga menggambarkan adanya interaksi siswa
Kunci sukses dalam menggunakan metode ini tergantung padu guru bagaimana ia menerapkan dan mengendalikannya dalam pembelajaran, jika terlalu banyak menggunakan metode ceramah atau metode ini tidak divariasikan maka akan menimbulkan kebosannan siswa dalam mengikuti pelajaran
  B.   SARAN
Sebaiknya guru harus pintar dalam mengolah metode pembelajaran terutama pada model-model pembelajaran.





















DAFTAR PUSTAKA
Hafni Ladjid, Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi, Quantum Teaching, 2005, h. 121
            http://www.scribd.com/doc/78879846/METODE-PEMBELAJARAN-CERAMAH



[1] Hafni Ladjid, Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi, Quantum Teaching, 2005, h. 121
[3] http://www.scribd.com/doc/78879846/METODE-PEMBELAJARAN-CERAMAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar