RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
DI SUSUN OLEH :
UMI
FATMAYANTI
NIM
38105037
Pgmi-2/semester
V
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGRI
SUMATERA
UTARA
MEDAN 2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas/semester : 3/2
Tema : akhlak terpuji
Minggu ke : 1/ rabu
Alokasi waktu : 2x35 menit
Materi
pelajaran/sk
|
Kompetensi
dasar
|
indikator
|
Al-quran
hadist
7.
memahami hadist tentang persaudaraan secara benar dan fasih
|
7.1.
memahami hadist tentang persaudaraan
|
7.1.1
mengenal berbagai macam perilaku terpuji
|
Aqidah
akhlak
7.
membiasakan akhlak terpuji
|
7.1
membiasakan sikap rukun dan tolong menolong
|
7.1.1.
membiasakan sikap rukun dan tolong menolong dalam kebaikan
|
Sbk
11.
mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
11.
2 menyanyikan lagu daerah dan lagu anak dengan iringan sderhana
|
11.2.1
menyayikan lagu anak “ anak baik”
|
1. Tujuan
pembelajaran
·
Siswa dapat memahami makna hadist
tentang persaudaraan
·
Siswa dapat mengenal berbagai sifat
terpuji
·
Siswa dapat membiasakan berperilaku
terpuji seperti menjaga kerukunan dan tolong menolong dalam kehidupan
sehari-hari
·
Siswa dapat menyanyikan lagu anak dengan
iringan sederhana
2. Materi
·
Alquran hadist
·
Hadist tentang persaudaraan
·
Aqidah akhlak
Akhlak
terpuji
·
Sbk
Menyanyikan
lagu anak dengan iringan sederhana
3. Metode
·
Pengamatan
·
Tanya jawab
·
Demonstrasi
·
Praktik
·
Pendekatan melalui
menyanyi,mendongeng,dan menebak
4. Kegiatan
pembelajaran
A. Kegiatan
awal
·
Menyiapkan bahan dan alat pelajaran
·
Menyapa anak terlebih dahulu
B. Kegiatan
inti
·
Menyanyikan lagu anak “anak baik” dengan
instrumen lagu hari minggu yang diiringi dengan tepuk tangan dan memukul meja
secara bersama-sama
Anak baik
Hai
teman-teman
Mari
dengarkan kami
Harus
saling membantu
Menolong
sesama
Jangan
menghina
Jangan
pula mencela
Sayangi
teman hormati yang lebih tua
Itulah
anak yang berakhlak mulia
Semua
suka nanti masuk surga
·
Guru menayakan kepada “siapa yang suka
membantu orang tua” dan “ siapa yang tidak penah bertengkar dengan kakak dan
adik? “
·
Guru enerima jawaban murid dengan
membacakan hadist “dari anas bin malik rasullullah saw brsabda tolonglah
saudara mu, baik dzolim ataupun dizholimi,maka bagaimanakah kami menolong orang
yang dzolim? Beliau bersabda kamu ambil (tangan) kedua tangannya.
·
Guru meminta siswa untuk mengamati
hadist tersebut
·
Guru menayakan perilaku apa yang
terdapat dalam hadist tersebut
·
Guru mengimformasikan bahwa perilaku
dalam hadist tersebut adalah perilaku mulia.
·
Guru meminta dua orang siswa kedepan
kelas untuk menunjukkan perilaku terpuji dengan cara meminjamkan pensil kepada
temannya
·
Guru menceritakan kisah nabi muhammad
dengan menggunakan rekaman yang telah disediakan. Ini adalah kisah nabi Sebuah
kisah yang dialaminya ketika pamanya yang bernama abu thalib dan istrinya siti
khodijah wafat sudah berani menghina dan menyakiti nabi dengan terang-terangan
seperti melempar najis kekepalanya.nabi diperlakukan semena-mena, dihina ,
diejek habis-habisan. Meskipun begitu yang dilakuakan nabi hanya berdoa kepada
allah, ya allahberikanlah petunuk kepada uamat ku,yang belum insaf. Sifat nabi
sunnguh terpuji memberikan maaf dan memohonkan ampuanan untuk orang yang
mengejek, menyakiti dan ejekan-ejekan
tersebut tidak membuat abi untuk menghentikan dakwahnya.
Lampiran
tebakan.
·
Bagaimanakah sifat nabi?
·
Sifat apakah yang harus ditinggalkan?
C. KEGIATAN
AKHIR
·
Guru dan siswa menyanyikan kembali lagu
anak baik secara bersama dengan iringan sederhana
·
Guru menanyakan tentang apa yang belum
dipahami siswa
·
Guru menutup pelajaran dengan
menyimpulkan materi dan memberikan nasehat agar selalu menerapkan akhlak
terpuji dalam kehidupan sehari-hari
5. Sumber
belajar
·
Buku tematik kelas 2
·
Rekaman cerita nabi muhammad
6. Penilaian
·
pengamatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar