Mata
pelajaran : fiqih
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar (Sd)
Kelas/semester :
II/II
Alokasi
waktu : 2X 35 menit
A.
Standar
kompetensi
9. membiasakan sholat secara tertib
B.
Kompetensi
dasar
9.1. mencontohkan
gerakan sholat secara tertib
9.2. melakukan
sholat secara tertib
C. Indikator
C. Indikator
9.1.1. mengenal gerakan – gerakan
sholat secara tertib
9.1.2. mempraktikan gerakan-gerakan
sholat dengan tertib
9.2.1. melaksanakan shalat
dhuha disekolah secara bersama
D.
Tujuan pembelajaran
·
siswa
dapat mengenal gerakan-gerakan sholat dengan berurutan dan benar
·
siswa
dapat melaksanakan sholat dengan gerakan
yang berurutan dan benar
·
membiasakan
siswa sholat disekolah
·
membiasakan
siswa sholat lima waktu
E.
Strategi
pembelajaran : modeling
F.
Metode
pembelajaran : kelompok,
praktik
G.
Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan awal
·
guru
mengucapkan salam
·
guru
mengabsen
·
berdoa
bersama-sama
·
membagi
menjadi 4 kelompok
Ø apersepsi :
·
guru
menayakan siswa siapa yang sering melaksanakan sholat lima waktu
·
guru
menanyakan apa saja gerakan sholat
Ø motivasi :
·
guru
memberikan poster gerakan sholat
kegiatan
inti
Ø eksplorasi
·
guru
memintaseorang siswa untuk mencontohkan gerakan sholat
·
guru
meminta siswa untuk mengamati gerakan sholat teman tersebut
Ø elaborasi
·
guru
mencontohkan dan membimbing gerakan-gerakan sholat disetiap kelompok
·
guru
meminta dari setiap kelompok untuk mengikuti gerakan sholat teman yang
mencontohkan disetiap kelompok
Ø konfirmasi
·
Guru melakukan tanya jawab pada
masing-masing kelompok.
kegiatan
penutup
·
guru
memberikan penguatan
·
siswa
membuat ringkasan tentang materi
·
guru
memberikan tugas
·
guru
memberikan motivasi
·
bersama
sama guru dan murid mengucapkan salam
H.
Media
pembelajaran : poster gerakan sholat
I.
Penilaian
·
Praktik : melaksanakan sholat dengan gerakan yang berurutan dan benar
Nama kelompok
|
Kerjasama
|
Tertib kerja
|
Prestasi
|
A
= Baik sekali B = Baik
C
= Kurang D = Cukup
Diketahui
Guru bidang studi kepala sekolah
Umi fatmayanti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar