Mata
pelajaran : Matematika
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar (Sd)
Kelas/semester :
IV/1
Alokasi
waktu : 2X 35 menit
A. Standar
kompetensi
3. menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan
berat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
dasar
3.2. menentukan
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
3.3.
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
C. Indikator
3.2.1. mengenal macam-macam satuan
panjang
3.2.2. mengenal macam-macam satuan
waktu
3.3.1. menyelesaikan hubungan
antara satuan panjang dan satuan waktu
D. Tujuan pembelajaran
·
siswa
dapat menyebutkan satuan panjang
·
siswa
dapat menentukan panjang benda-benda yang ada disekitar kelas dengan satuan
panjang
·
siswa
dapat menentukan satuan waktu
·
siswa
dapat menyelesaikan hubungan antara satuan waktu dan satuan panjang
E.
Strategi
pembelajaran : konstruktivisme
F.
Metode
pembelajaran : kelompok, praktik
G.
Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan awal
·
guru
mengucapkan salam
·
guru
mengabsen
·
berdoa
bersama-sama
·
membagi
menjadi 2 kelompok
Ø apersepsi :
·
guru
menayakan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak dari
rumah kesekolah
·
guru
menanyakan satuan panjang dan waktu
Ø motivasi :
·
guru
membagikan penggaris dan jam kesetiap kelompok
kegiatan
inti
Ø eksplorasi
·
guru
meminta siswa untuk mengukur lantai ruangan dengan satuan cm
·
guru
meminta siswa untuk mengamati jarum jam dalam pergeseran setiap detik
·
guru
meminta siswa menentukan waktu yang dibutuhkan untuk mengukur lantai kelas
dengan satuan panjang (cm)
Ø elaborasi
·
guru
meminta siswa untuk menyesuaikan jawabannya dengan kelompok lain
·
guru
bersama-sama dengan siswa mendiskusikan
Ø konfirmasi
·
Guru melakukan tanya jawab pada
masing-masing kelompok.
kegiatan
penutup
·
guru
memberikan penguatan
·
siswa
membuat ringkasan tentang materi
·
guru
memberikan tugas
·
guru
memberikan motivasi
·
bersama
sama guru dan murid mengucapkan salam
H.
Media
pembelajaran : penggaris, jam
I.
Penilaian
·
Tes pemberian tugas
·
Penilaian proses
Nama kelompok
|
Kerjasama
|
Tertib kerja
|
Prestasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
= Baik sekali B = Baik
C
= Kurang D = Cukup
Diketahui
Guru bidang studi kepala sekolah
Umi fatmayanti RUSLAN
Coba dicek lagi indikatornya belum. Sesuai
BalasHapus